Apa fungsi sebenarnya Refresh pada Windows?

Sering kita lihat orang yang mengklik Refresh pada Windows berkali-kali dengan harapan komputer yang digunakan menjadi lebih cepat, tetapi apa sih fungsi sebenarnya dari Refresh pada Windows?

Refresh dapat kita temukan pada desktop dan Windows Explorer, fitur ini sebenarnya tidak berpengaruh pada performa komputer. Refresh sebenarnya berfungsi seperti Reload pada web browser, yaitu untuk memuat dan menampilkan ulang isi dari halaman web yang kita buka. Jadi Refresh hanya berfungsi untuk memuat dan menampilkan ulang isi dari folder dan desktop.

Nah, kita dapat mengklik Refresh ketika kita menghadapi masalah-masalah berikut ini:

  • Desktop tidak menampilkan dengan benar files atau folder yang baru kita buat, pindahkan, hapus atau modifikasi.
  • Kita harus merapihkan icons yang ada pada desktop.
  • Kita tidak bisa menggunakan icons yang ada pada desktop.
  • Files yang dibuat di desktop/folder oleh aplikasi lain tidak muncul.
  • Dan keadaan serupa dimana isi desktop atau folder tidak berubah sebagaimana mestinya.

Namun sayangnya kebiasaan mengklik Refresh berkali-kali sudah menjadi “tradisi” yang sulit dihilangkan, “tradisi” ini masih banyak dilakukan pengguna Windows sampai pada hari ini. Misalnya setelah menjalankan program berat seperti Photoshop atau bermain game, orang-orang selalu me-Refresh desktop-nya berkali-kali agar komputer yang digunakan kembali cepat.

Kenapa Windows saya terasa berat setelah bermain game dan kembali cepat setelah melakukan Refresh berkali-kali?

Program yang memakan memori (RAM) besar seperti game, tentunya akan mengganggu penggunaan memori program lain termasuk Windows, terlebih lagi komputer dengan RAM yang kecil. Misalnya Anda memiliki laptop dengan RAM 4 GB, ketika Anda bermain game, game tersebut akan menggunakan resource (CPU, GPU, RAM) sebanyak mungkin agar tidak lag, sehingga program lain selain game tersebut hanya kebagian memori sedikit saja. Ketika kita selesai bermain game, Windows terasa lambat karena Windows dan program lainnya membutuhkan waktu untuk menyesuaikan penggunaan memori. Nah, disini lah biasanya tradisi mengklik Refresh berkali-kali muncul :D, padahal kita hanya perlu menunggu sampai Windows menyesuaikan penggunaan memorinya.

tl;dr Refresh tidak mempengaruhi performa Windows, kebiasaan mengklik Refresh berkali-kali bisa dinilai sebagai kebiasaan yang tidak berguna.

Sumber: http://www.thewindowsclub.com/refresh-desktop-folder-windows

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>